| 0 comments ]

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang bertugas membantu Menteri Pendidikan Nasional dan memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan ujian nasional, telah merilis Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun Ajaran 2018/2019 pada hari Selasa, tanggal 27 November 2018. Keputusannya ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor : 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN.

Kisi-kisi tersebut berlaku untuk 2 (dua) jenis Ujian, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Pensil Kertas (UNPK) atau ujian nasional berbasis kertas dan pensil.

Fungsi Kisi-kisi tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN. Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Menurut Ketua BSNP Bambang Suryadi, Ph.D, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaannya ada pada 2 (dua) hal yakni pada jumlah peserta dan jadwal ujian.

“Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya menambahkan penerapan soal yang berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Untuk selanjutnya Kisi-kisi USBN dan UN Tahun 2019 tersebut dapat diunduh pada link di bawah ini:

Kisi-kisi USBN Tahun 2019, dapat diunduh disini

Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2019, dapat diunduh disini.


Dengan disosialisasikannya kisi-kisi USBN dan UN ini, diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian.

Terkait dengan pelaksanaan USBN dan UN, BSNP juga telah merilis POS USBN dan UN pada tanggal 03 Desember yang lalu, dengan mempertimbangkan masukan dari direktorat terkait. POS tersebut merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan UN.


Sumber:
- kemdikbud.go.id
- bsnp-indonesia.org

0 comments

Post a Comment